ac vrv, PT Mitra Sejuk Selaras

ac vrv, PT Mitra Sejuk Selaras

APA ITU VRV?

VRV atau Variable Refrigerant Volume merupakan teknologi pengaturan kapasitas AC yang memiliki beberapa unit indoor dalam satu kesatuan sirkuit. Sistem VRV ini sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisien energi, dan melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split atau AC Split Duct.

Saat ini AC VRV sudah cukup banyak diaplikasikan pada gedung bertingkat. AC jenis ini dikenal mampu mengakomodir bangunan-bangunan bertingkat dan kapasitas pendingin yang besar.

SISTEM KERJA AC VRV

Prinsip kerja yang diterapkan oleh AC jenis ini adalah mengedepankan kenyamanan dan kemudahan. Sistem AC VRV menggunakan sistem Variable Refrigerant Volume untuk mengatur jumlah refrigerant dalam sistem jalur pipa AC, sehingga memberikan tingkat efisien dan fleksibilitas dalam pengaplikasian pendingin tata udara. AC jenis ini menggunakan teknologi inverter dengan kombinasi outdoor yang mencakup beberapa indoor. Maka dari itu, AC VRV sangat cocok untuk bangunan-bangunan bertingkat dan berkapasitas besar, menggantikan sistem AC konvensional seperti chiller dan split.

1. Sistem Pipa Refrigerant

Pendingin ruangan ini memiliki komponen utama yaitu sistem pipa refrigerant yang mampu untuk menangani kasus-kasus jalur pipa yang panjang baik secara horizontal maupun secara vertikal, serta berkapasitas besar.

2. Kompresor Inverter

Komponen lainnya yang tidak kalah penting dalam sistem kerja AC VRV yakni kompresor dengan teknologi inverter. Komponen satu ini mampu meminimalisisr konsumsi daya tanpa mengurangi kualitas pendinginan serta pemanasan secara parsial. Oleh karena itu, AC VRV menjadi sitem AC terbaik dan tercanggih dalam aspek tingkat efisien penggunaan daya listrik dalam pengaplikasian pendinginan tata udara.

3. Kompetensi Ekspansi Modular

Sistem dari AC jenis ini yang tidak kalah canggih dan menarik adalah kompetensi ekspansi modular yang dimilikinya. Kemampuan ini sangat penting diterapkan terutama bagi proyek-proyek besar yang berkembang dengan beberapa tahapan penyelesaian.

4. Air Handler

AC jenis ini juga memiliki sistem air handler atau pengontrol udara yang terbalut dalam beberapa unit dalam ruangan dengan menggunakan model sirkuit berupa papan pendingin yang sama.

KEUNGGULAN AC VRV

1. Menggunakan Sistem Kombinasi Outdoor dengan Multi Indoor

AC VRV merupakan jenis AC yang menggunakan sistem kombinasi outdoor AC yang compact untuk beberapa jumlah indoor yang digunakan serta memberikan berbagai macam pemilihan jenis indoor AC dan kapasitas dalam satu sistem outdoor, sesuai dengan kebutuhan dan desain sistem AC di berbagai macam kasus.

2. Space Saving dalam Penempatan Outdoor AC

Outdoor AC jenis ini memberikan keleluasaan dalam penempatan atau pemosisian outdoor AC. Jalur pipa refrigerant yang berkemampuan besar dalam kapasitas panjang pipa, dan kombinasi outdoor yang mampu mencakup banyak indoor, maka AC VRV inilah yang dapat memberikan fleksibilitas pada pengguna untuk menempatkan outdoor AC dengan keleluasaan sesuai dengan kondisi dan keterbatasan.

3. Kompetensi Ekspansi Modular

Sistem dari AC jenis ini yang tidak kalah canggih dan menarik adalah kompetensi ekspansi modular yang dimilikinya. Kemampuan ini sangat penting diterapkan terutama bagi proyek-proyek besar yang berkembang dengan beberapa tahapan penyelesaian.

4. Perawatan atau Maintenance yang Lebih Mudah dan Relatif Terjangkau

Sistem kerja AC VRV juga dilengkapi dengan fitur-fitur otomatis yang memberikan kemudahan pada teknisi AC khusus VRV untuk membaca kode error jika terjadi kerusakan. Fitur inilah yang membantu teknisi untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat. Sistem AC jenis ini juga mempermudah dalam perawatan cuci AC karena AC jenis ini menggunakan outdoor yang compact sehingga tidak perlu lagi mencuci outdoor sebanyak outdoor AC jenis lainnya seperti sistem konvensional atau split biasa. Selain mudah dalam perawatannya, tarif perawatan AC dengan sistem VRV ini juga cukup relatif terjangkau.

5. Memiliki Tingkat Kebisingan yang Rendah

Keunggulan lainnya adalah AC jenis ini memiliki suara pengoperasian yang jauh lebih rendah karena sistem AC ini dapat menggunakan satu unit outdoor untuk mensupply beberapa unit indoor sehingga membuat AC jenis ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah.

6. Mampu Mengontrol Jadwal dan Temperatur AC

AC VRV juga dilengkapi sistem yang mampu mengontrol jadwal dan temperatur AC yang bekerja secara otomatis. Sistem inilah yang membuat besaran dan waktu tempoeratur AC dapat berjalan seperti yang diinginkan dengan program digital yang canggih.

7. Back-up Kompresor

Setiap outdoor AC jenis ini dilengkapi dengan back-up kompresor di setiap modul outdoornya, sehingga jika terjadi kerusakan atau kesalahan tidak menyebabkan sistem AC ini mati. Hal inilah yang dapat memberikan teknisi waktu dalam merespon panggilan untuk memperbaikin kerusakan sistem AC.

8. Ramah Lingkungan

AC VRV juga mengaplikasikan teknologi ozone free, dimana AC ini tidak seperti jenis AC konvensional yang mampu merusak lapisan ozon. Teknologi inilah yang membuat AC VRV sangat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan kerusakan ozon yang dapat memicu pemanasan global.

BACA JUGA:

Ingin Konsultasi Terkait AC?

Kontak kami sekarang.  Kami adalah HVAC Kontraktor Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun.

Hubungi Kami via WhatsApp atau Email Sekarang

Our Score
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *